Skip to content

Menjadi Relawan Demi Melawan Pandemi

Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan vaksinasi tahap dua bagi dosen dan tenaga kependidikan. Kegiatan digelar di komplek Sarana Olahraga Bale Santika Unpad, Jatinangor, Senin (19/4) hingga Kamis (22/4). Vaksinasi ini diikuti sekitar 2.200 dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

Pada kegiatan vaksinasi Unpad tahap dua kali ini Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) diberikan kesempatan untuk menjadi relawan vaksinasi Unpad sebanyak 15 orang menjadi relawan mulai hari Senin (19/4) hingga Kamis (22/4). Angkatan yang berpartisipasi pada kegiatan relawan vaksinasi kali ini yaitu dari biologi angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Bagi angkatan 2020 yang belum merasakan kegiatan kemahasiswaan secara offline, momen ini menjadi salah satu pengalaman berharga dan menarik yang dapat mereka rasakan, “Sebagai mahasiswa yang ke kampus hanya untuk jalan-jalan saja, atau bahkan belum pernah sama sekali, menjadi seorang relawan di kampus merupakan salah satu pengalaman yang cukup menarik. Banyak hal yang baru diketahui, juga baru didapatkan. Namun pastinya inti dari menjadi relawan adalah untuk membantu, membantu agar kinerja vaksinasi berjalan dengan lancar dan cepat. Demi keadaan yang lebih baik kedepannya,” ujar Miqdad sebagai koordinator angkatan 2020.

Relawan vaksinasi sendiri bertugas dalam membantu pihak panitia vaksinasi Unpad, seperti menjaga meja registrasi, mengatur antrean, mendampingi lansia, serta melakukan pendataan terhadap peserta vaksinasi. Dengan tetap menggunakan protokol kesehatan relawan Himbio telah berpartisipasi membantu jalannya kegiatan vaksinasi Unpad tahap dua kali ini.

Menurut Salwa sebagai perwakilan angkatan 2019, “Dengan situasi pandemi saat ini, seharusnya mahasiswa ikut bergerak dalam mengurangi dampak Covid-19, salah satu caranya dengan terlibat menjadi relawan vaksinasi yang dilakukan di Unpad. Bergeraknya mahasiswa menjadi relawan merupakan salah satu bentuk empati kepada sesama dalam memulihkan kondisi pandemi di Indonesia.”

Disampaikan juga oleh Kang Daud dari Biologi 2018 bahwa, “Kegiatan relawan vaksin oleh mahasiswa biologi menjadi perwujudan kepedulian mahasiswa biologi untuk mensukseskan program pemerintah dalam pemvaksinan covid-19 massal terutama untuk dosen dan tendik. Menjadi bagian dari relawan vaksinasi yang pastinya sukacita dan bersyukur karena dapat berpartisipasi dalam membantu perjuangan bangsa mengatasi Pandemi covid-19. Hal lainnya juga bersyukur karena mendapat bagian vaksin sinovac. Kiranya vaksinasi yang dilakukan dapat menjadi solusi untuk mengatasi Pandemi covid-19 ini sehingga semoga kehidupan dan aktivitas kembali segera berjalan normal secepatnya  Kembali bisa sama-sama berkarya, bergerak sinergi untuk membangun negeri.”

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini sukses memberikan pelayanan terbaik bagi para penerima vaksinasi baik mereka yang baru (tahap 1) dan yang sudah kedua kalinya (tahap 2), Dengan total relawan dari biologi sebanyak 23 orang mahasiswa.