Skip to content

SPESIES BARU BERRYPECKER DI PEGUNUNGAN KUMAWA, PAPUA BARAT

Original artikel By Hidayat Ashari M.Agr., 2021 : http://lipi.go.id/siaranpress/Penemuan-jenis-baru-Berrypecker-Burungbuah-Melanocharis-di-Pegunungan-Kumawa-Papua-Barat/22421

Spesimen hidup Melanocharis citreola sp. nov. A dan B adalah jantan dewasa. C dan D adalah jantan belum dewasa. Foto oleh B.M.
(Milá et al., 2021)

Pada bulan Juni 2021, dilaporkan di kawasan pegunungan Kumawa, Papua Barat telah ditemukan jenis baru Burungbuah (Melanocharis). Burung jenis baru tersebut beri nama Melanocharis citreola, sp. nov. Milá, Ashari & Thébaud. Nama Indonesianya adalah Burungbuah Satin dan nama Inggris dari burung tersebut adalah Satin Berrypecker.

Penemuan spesies baru tersebut merupakan kerjasama antara Indonesia dan Perancis yang dilakukan dua kali, yaitu pada tahun 2014 dan 2017. Proyek ini masuk dalam kerangka besar Lengguru Project yang diselenggarakan oleh French Institute de Recherche pour le Développement (IRD), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Papua (UNIPA), Universitas Cendrawasih (UNCEN), Universitas Musamus (UNMUS) dan Politeknik KP Sorong. Pada ekspedisi November tahun 2014, berhasil menangkap seekor burung jantan yang hanya diidentifikasi sebagai Melanocharis. Jika pada ekspedisi pertama berhasil mencapai ketinggian 1100-1200 meter di atas permukaan laut (mdpl), ekspedisi kedua pada Oktober-November tahun 2017 berhasil mencapai 1200 mdpl dan berhasil menangkap 3 individu. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan perbandingan dari spesimen Melanocharis jenis yang lain yang ada di Museum Zoologi Bogor (MZB) LIPI dan juga melakukan analisis phylogenic berdasarkan data DNA nya, dan dinyatakan bahwa burung tersebut merupakan burung spesies baru dan memiliki kekerabatan tertinggi dengan M. striativentris.

Burung dengan paruh dan kaki berwarna hitam, iris mata coklat tua. Warna bulu pada punggung dan pantat berwarna biru hitam. Tenggorokan, dada dan perut berwarna putih satin dengan sedikit warna kuning lemon, dan berwarna sedikit lebih ringan pada bagian sampingnya. Bulu pada bagian bawah sayap berwarna putih. Bagian malar atau sisi samping dari tenggorokan memisahkan warna biru hitam pada muka dengan tenggorokan yang putih. Bulu sayap hitam dengan warna putih pada bagian tepi dalam dari bulu primer dan sekundernya. Bulu ekor berwarna biru hitam keseluruhan, kecuali bagian tepi dari bulu ekor terluar yang berwarna putih.

Berrypecker yang ditemukan berukuran kecil dengan panjang sayap 62 mm, panjang tarsus 19.4 mm, panjang ekor 49.5 mm, panjang paruh dari dasar tengkorak kepala 11.2 mm, panjang paruh dari ujung lubang hidung 7.3 mm, lebar paruh pada ujung lubang hidung 4.1 mm dan tinggi paruh di ujung lubang hidung 3.5 mm.

sumber :

Milá, B., Bruxaux, J., Friis, G., Sam, K., Ashari, H. and Thébaud, C. (2021), A new, undescribed species of Melanocharis berrypecker from western New Guinea and the evolutionary history of the family Melanocharitidae. Ibis. https://doi.org/10.1111/ibi.12981