Lompat ke konten

Unpad menuju Eco-Green Campus , Ada Burung Apa Saja di Kawasan Ciparanje?

Pendahuluan
Unpad saat ini telah berfokus dalam menjadi eco-campus atau kampus yang mengedepankan manajemen lingkungan. Dengan manajemen lingkungan dan kepedulian lingkungan, area terbuka hijau akan menjadi salah satu fokus dalam perealisasian eco-campus. Area terbuka hijau ini akan menjadi habitat yang efisien bagi beberapa jenis burung dan menjadi salah satu langkah pelestarian keragaman tersebut. Salah satu area yang menjadi perealisasian eco-campus Unpad adalah daerah Ciparanje

Isi
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik Observasi Lapangan. Adapun pengambilan data burung menggunakan metode point count (titik hitung). Bondol jawa (Lonchura leucogastroides), Burung madu sriganti (Cinnyris jugularis), Caladi ulam (Dendrocopos macei), Cekakak Jawa (Halcyon cyanoventris), Cekakak Sungai (Todiramphus chloris), Cinenen Kelabu (Orthotomus ruficeps), Cucak kutilang (Pycnonotus aurigaster), Gereja rumah (Passer domesticus), Kapasan kemiri (Lalage nigra), Kareo padi (Amaurornis phoenicurus), Kekep babi (Artamus leucorynchus), Kuntul kerbau (Bubulcus ibis), Kuntul kecil (Egretta garzetta), Layang-layang rumah (Delichon dasypus), Merbah cerukcuk (Pycnonotus goiavier), Merpati (Columba livia), Perkutut (Geopelia striata), Puyuh Batu (Coturnix chinensis), Takur ungkut ungkut (Megalaima haemacephala), Tekukur biasa (Spilopelia chinensis), Walet Linchi (Collocalia linchi), dan Wiwik uncuing (Cacomantis sepulcralis).

Kesimpulan
Dari data yang didapatkan dari hasil penelitian keanekaragaman jenis burung, terdapat 410 individu yang meliputi 23 jenis spesies dan 18 famili. Nilai Indeks Keanekaragaman (H’) tergolong sedang (H’= 1,95), nilai Indeks Kekayaan Jenis (R) tergolong sedang (3,70), nilai Indeks Kemerataan Jenis (E) tergolong merata (0,61), dan nilai Indeks Dominansi (D) tergolong rendah (0,16). Berdasarkan status burung dilindungi pada PP No. 20 tahun 2018, terdapat satu jenis burung di Ciparanje yang termasuk ke dalam kategori dilindungi yaitu burung Madu Sriganti. Berdasarkan status keterancaman ditemukan semua jenis burung kategori Least Concern (LC; Berisiko Rendah).